Kegelisahan di kelas…

Anak yang gelisah terkadang mudah diidentifikasi di dalam kelas (seperti ketika seorang anak gugup sebelum ujian sekolah). Tapi terkadang kegelisahan terlihat sebagai sesuatu yang benar-benar lain (seperti tidak enak perut, perilaku mudah marah atau merusak, ADHD atau gangguan belajar.

Ada banyak tipe kegelisahan, itulah yang membuatnya seringkali sulit dideteksi. Kesamaan dari banyak tipe tersebut adalah, kata ahli saraf dan mantan guru Ken Schuster, PsyD, adalah terkadang kegelisahan “mengunci otak”, membuat sekolah menjadi begitu sulit bagi anak-anak yang gelisah.

Anak-anak dapat bergumul dengan:

  1. Separation Anxiety: Kegelisahan akibat takut dipisahkan dari pengasuh. Anak-anak ini dapat mengalami hari yang berat selama berada di sekolah
  2. Social Anxiety atau kegelisahan sosial: Anak-anak yang canggung mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan temannya atau berpartisipasi di kelas.
  3. Selective Mutism: Ketika anak-anak mengalami kesulitan untuk berbicara dalam beberapa kondisi tertentu, seperti ketika berada dekat dengan guru
  4. Generalized anxiety: Ketika seorang anak khawatir mengenai masalah sehari-hari. Anak-anak dengan jenis kecemasan semacam ini sering khawatir terutama tentang kinerja mereka di sekolah dan mereka berjuang melawan sikap perfeksionisme mereka.
  5. Obsessive-compulsive disorder (OCD) atau gangguan obsesif-kompulsif: Bila pikiran anak dipenuhi dengan pikiran yang tidak diinginkan dan penuh dengan tekanan. Anak-anak dengan OCD mencoba meringankan kecemasan mereka dengan melakukan ritual kompulsif seperti menghitung atau mencuci tangan.
  6. Specific phobias: Bila anak-anak memiliki ketakutan yang berlebihan dan tidak masuk akal terhadap hal-hal tertentu, seperti takut pada hewan atau badai.

 

Dalam tulisan berikutnya kita akan membahas satu persatu jenis-jenis kecemasan di atas. Untuk sekarang, coba lihat di kelas Anda, adakah siswa-siswi Anda yang memiliki gejala di atas?

diambil dari: https://childmind.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s