Menjadi Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA!

Hallo Pahlawan,

Di antara Anda mungkin ada yang sudah lama menjadi Guru Sekolah Minggu, mungkin lebih dari 30 tahun, ada yang lebih dari 20 tahun, ada yang lebih dari 10 tahun, atau mungkin ada yang baru 1 tahun bergabung dengan Sekolah Minggu…

Tidak masalah! Artikel ini dibuat khusus untuk Anda, yang sudah mengambil keputusan besar untuk bergabung dengan Sekolah Minggu, juga untuk Anda yang baru akan bergabung dengan Sekolah Minggu, atau Anda yang sudah meninggalkan dunia Sekolah Minggu dan ingin kembali ke dalamnya.

Guru Sekolah Minggu adalah salah satu dari barisan Pahlawan yang Tuhan pilih untuk mempengaruhi generasi penerus. Pahlawan yang tidak hanya sekedar menyayangi dan mendidik, namun ikut berinvestasi dalam kehidupan anak-anak yang dibinanya. Ya! Menjadi Guru Sekolah Minggu bicara soal mengubah hidup anak-anak!

Berikut ada beberapa tips bagaimana menjadi Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA:

1. Buat KOMITMEN!

Ketika Anda mengambil keputusan menjadi Guru Sekolah Minggu yang luar biasa, Anda bukan lagi hanya partisipan yang datang seminggu sekali (atau mengajar jika Anda diberi jadwal), kemudian pulang dan tugas selesai. Ketika Anda mengambil keputusan menjadi Guru Sekolah Minggu yang luar biasa, Anda HARUS membuat KOMITMEN.

Anda membuat komitmen untuk datang setiap minggu. Anda membuat komitmen untuk mengenal setiap anak dan menghafalkan nama mereka. Anda membuat komitmen untuk mendoakan anak-anak di kelas Anda. Anda membuat komitmen untuk bertanggungjawab atas kelas Anda.

Hal yang lebih penting adalah, Anda membuat komitmen untuk tetap tinggal dalam Tuhan dan menjadi teladan bagi anak-anak yang Tuhan percayakan. Karena apa yang lebih mempengaruhi seseorang daripada teladan hidup?

2. Jalin HUBUNGAN!

Hal kedua untuk menjadi Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA adalah membangun hubungan. Tidak hanya dengan anak-anak, tapi juga dengan orang tua mereka. Anda harus menjadi orang yang dipercaya oleh anak-anak dan orang tua mereka.

Mengunjungi rumah mereka adalah hal yang paling bagus untuk dilakukan. Namun jika Anda memiliki kendala dan tidak mungkin mengunjungi anak-anak satu persatu, Anda harus memikirkan cara lain untuk menjalin hubungan.

Anda harus memiliki nomor telepon orang tua anak-anak di daftar kontak Anda. Anda harus terhubung di media sosial dengan mereka. Anda harus memiliki catatan yang berisi alamat, sekolah, kelas dan ulang tahun anak-anak. Anda harus menunjukkan pada anak-anak bahwa Anda peduli pada mereka. Lakukan extra mile untuk terlibat dalam kehidupan setiap mereka. Kita tidak dapat mengubahkan hidup anak-anak jika kita tidak terlibat dalam kehidupan mereka.

3. SIAP SEDIA!

Persiapan adalah sebuah hal wajib bagi setiap pelayan Tuhan, dan kita sudah membahasnya di seri yang pertama. Untuk menjadi guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA, persiapan lebih dari sekedar menyiapkan materi ajar atau menyiapkan bahan pelajaran di hari Minggu.

Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA menyiapkan dirinya dalam segala hal. Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA memperlengkapi diri dengan skill mengajar, pengetahuan mengenai perkembangan anak, teknik bercerita dan banyak hal lain yang dapat membantunya untuk menjadi Guru Sekolah Minggu yang efektif (lain kali akan kita bahas mengenai hal-hal ini).

Hal paling penting lainnya mengenai persiapan adalah DOA. Guru Sekolah Minggu yang luar biasa tidak sekedar menyibukkan diri dengan materi ajar dan alat peraga, namun dengan DOA untuk setiap anak yang akan menerima Firman Tuhan di hari Minggu.

Dalam Alkitab, siap sedia diidentikan dengan mengenakan seluruh perlengkapan senjata rohani. Oh ya, Guru Sekolah Minggu membutuhkan Perlengkapan Senjata ini. Selalu gunakan ikat pinggang kebenaran, baju zirah keadilan, kasut kerelaan memberitakan Injil, perisai iman, ketopong keselamatan dan pedang roh.

4. Selalu FLEKSIBEL

Era post modern seringkali menghilangkan Fleksibel dalam rangkaian ibadah yang sudah disiapkan. Run down acara yang sudah disepakati membuat Guru Sekolah Minggu sulit unutk fleksibel. Sebagian dari kita berpikir bahwa Fleksibel merupakan lawan kata dari Siap Sedia.

Sesungguhnya tidak begitu. Fleksibel adalah mempersilahkan otoritas yang lebih tinggi untuk mengubah rencana kita. Ketika kita melibatkan Tuhan, mungkin kita akan dipaksa untuk membuang rencana yang sudah kita pikirkan matang-matang. Terkadang kesempatan-kesempatan muncul di hadapan kita kala kita mengajar. Anak yang datang dengan menangis dan menceritakan masalahnya, seorang anak yang bertanya tentang Surga, dua orang anak yang berkelahi di kelas.

Dahulukan apa yang Tuhan inginkan di atas rencana yang sudah Anda buat. Bukankah Sekolah Minggu didirikan untuk memuliakan nama Tuhan? Bukankah Sekolah Minggu didirikan agar setiap anak yang datang mengenal Dia? Bukankah Tuhan tetap Tuan Rumah dari Sekolah Minggu kita?

 

 

Lazada Indonesia

Advertisements

2 thoughts on “Menjadi Guru Sekolah Minggu yang LUAR BIASA!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s