Menjadi Guru Sekolah Minggu (basic)

Kemarin kita belajar bahwa Sekolah Minggu didirikan di akhir tahun 1700an untuk anak-anak pekerja pabrik yang bekerja 6 hari seminggu dan sangat miskin.

Hari ini,  Sekolah Kristen disibukkan dengan tuntutan akademis yang begitu banyak sehingga sedikit sekali mengajar tentang Tuhan dan Firman-Nya.

Jika Anda sudah memutuskan untuk bergabung dengan Sekolah Minggu, dan menjadi pendidik Kristen, Anda akan bersiap menjadi bagian dari barisan Pelayan Tuhan yang tidak mementingkan diri sendiri, yang mengasihi Tuhan dan anak-anak.

Jika Anda sedang mencari bagaimana cara mengajar Sekolah Minggu, berikut ini beberapa kunci penting yang Anda harus tahu. Jika Anda sudah mengetahui dasar-dasarnya, baca artikel kami berikutnya mengenai “Bagaimana menjadi Guru Sekolah MInggu yang LUAR BIASA

1. Kenali rentang usia anak-anak di mana Anda melayani. Kurikulum yang Anda miliki mungkin dibuat untuk anak-anak dengan rentang usia tertentu, tapi apakah kurikulum tersebut benar-benar efektif untuk mendapatkan perhatian anak-anak? Anda harus memahami “ATURAN MENIT”. Jika Anda mengajar anak usia 8 tahun, maka Anda hanya memiliki rentang waktu 8 menit untuk menyampaikan materi pokok. Jika Anda mengajar anak usia 6 tahun, maka Anda hanya memiliki waktu 6 menit. Usahakan agar materi yang harus Anda sampaikan dapat diterima usia anak!

2. Pentingnya PERSIAPAN! Anak-anak dapat melihat jika guru mereka tidak siap atau tidak ter-organize, dan mereka mengartikannya sebagai “Dia tidak benar-benar peduli pada kelas ini atau pada saya”. Jangan menunggu sehari sebelum, apalagi semalam sebelum untuk berdoa dan mempersiapkan materi dan peralatan yang Anda gunakan untuk mengajar. Anda butuh waktu lebih dari sehari untuk mempersiapkan diri dan berdoa.

 

3. Pikirkan aktivitas yang beragam. Jangan berencana untuk bicara, bicara, dan bicara sepanjang Anda mengajar. Anak-anak butuh INTERAKSI. Mereka suka meregangkan otot, seperti gerakan fisik, prakarya atau kegiatan lain. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan bersama anak-anak setiap minggu di Sekolah Minggu.

4. Hargai kehadiran setiap anak.  Gunakan stiker untuk menandai anak-anak yang hadir, atau cukup menyapa mereka dengan nama dan pelukan hangat saat mereka muncul di pintu Sekolah Minggu Anda.

5. Atur ruangan agar nyaman untuk anak-anak. Anak-anak butuh duduk dengan nyaman ketika sedang Sekolah Minggu. Dekorasi ruangan dengan warna-warna cerah atau Anda dapat menggunakan dekorasi yang diambil dari tokoh-tokoh Alkitab. Siapkan kegiatan untuk anak-anak yang tiba lebih dulu dibanding teman-teman mereka yang lain.

6. Gunakan Musik. Gunakan musik lembut sebagai latar belakang sebelum kelas dimulai. Ini memberikan tanda bahwa Sekolah Minggu akan dimulai.

7. Perhatikan Kurikulum!  Beberapa Sekolah Minggu mengajar materi yang sama untuk semua anak dari semua rentang usia. Jangan diam saja ketika Andamengalami kesulitan. Komunikasikan dengan ketua Sekolah Minggu dan pastikan dia mengetahui jika ada kurikulum yang tidak sesuai.

8. Jangan lupa BERDOA sebelum kelas di mulai dan SAAT kelas dimulai. Berdoalah bersama Guru Sekolah Minggu yang mengajar di kelas sebelum kelas dimulai, dan jangan lupa berdoa dengan anak-anak saat kelas akan dimulai dan saat kelas berakhir. Anak-anak perlu tahu bahwa Sekolah Minggu berjalan atas kehendak Tuhan dan untuk Tuhan.

9. Jangan lupa RELASI. Sekolah Minggu adalah tempat yang luar biasa untuk mengajar anak tentang Tuhan dan Firman-Nya. Sisakan waktu untuk membangun hubungan dengan anak. Anak-anak menyayangi guru-guru yang menyayangi mereka.

Save on your hotel - www.hotelscombined.com

 

Advertisements

4 thoughts on “Menjadi Guru Sekolah Minggu (basic)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s